Kamis, 07 Februari 2013

Instrumen Penilaian Pengembangan Kepemimpinan


RAMBU-RAMBU 1.a.
1.a. Respon terhadap situasi A
MASALAH
DATA UTAMA
DATA PENDUKUNG
DATA PENGECOH
Guru mogok mengajar
n   Jumlah Guru
n   Jumlah Siswa
n   Data Keuangan Sekolah
n   Komitmen Sekolah dan Pemda
n  Tingkat Ekonomi Guru
n  Komitmen pengabdian guru
n  Sumbangan Pengusaha
n  Tempat tinggal guru
n  Letak geografis

RUBRIK 1.a.
1.a. Respon terhadap Situasi A
Kategori
Idenrifikasi Masalah
Rencana Tindak
Sistematika Pemikiran
Memuaskan
Guru mogok mengajar
Minimal 1 diantara 2 rencana tindak ada :
n  Melakukan dialog dengan guru selanjutnya melakukan koodinasi dengan Pemda
n  Melakukan kembali pendekatan dengan pengusaha untuk membantu sekolah secara ikhlas.
Taktis, spesifik, dan aplikatif

SKENARIO  1.a.

1.a.      Situasi :
Para Guru Tidak Tetap (GTT) di SDN Zahrah Perdana mogok mengajar karena tidak ada dana untuk membayar honor mereka. Mogoknya para guru ini menggangu aktifitas belajar mengajar di SDN Zahrah Perdana yang mana SD tersebut hanya satu-satunya yang ada di wilayah itu. Jumlah guru GTT di SDN Zahrah Perdana sebanyak 6 orang dan guru negeri 4 orang, sedangkan jumlah siswa sebanyak 95 siswa. Selama ini untuk membayar honor para GTT ini diambilkan dari sumbangan pengusaha hotel dan restauran yang ada di sekitar wilayah sekolah. Namun sejak ada Operasi yang digelar Polda setempat yang menganggap pungutan yang dilakukan kepada para pengusaha tersebut adalah premanisme, maka kepala Desa setempat bersama dengan para Dewan Guru dan Komite sepakat tidak memungut sumbangan dari para pengusaha. Sejak tidak adanya sumbangan itu, honor GTT tidak bisa dibayarkan. Selain itu pihak sekolah dan Pemda harus punya komitmen yang jelas tentang keberadaan GTT terkait dengan kesejahteraan para guru khususnya GTT di mana guru-guru tersebut adalah penduduk wilayah sekitar sekolah SDN Zahrah Perdana.









RAMBU-RAMBU 1.b.
1.b. Respon terhadap Situasi B
MASALAH
DATA UTAMA
DATA PENDUKUNG
DATA PENGECOH
KUALITAS RESPON
Tiga ruang kelas tidak bisa digunakan






n   Jumlah Siswa
n  data Ruang Sekolah
n  Kesesuaian antara ruang kelas dan jumlah siswa
n  Jarak sekolah dengan tempat tinggal siswa
n   Data Siswa
n   Komitmen Pemda
n   Biaya Renovasi

n   Komite Sekolah tidak pernah rapat koordinasi
Kurang Memuaskan


Kepala Sekolah meliburkan Siswa

RUBRIK 1.b.
1.b. Respon terhadap Situasi B
Kategori
Identifikasi Masalah
Rencana Tindak
Kualitas Respon
Sistematika Pemikiran
Memuaskan
Tiga ruang kelas tidak bisa digunakan
Tindakan Segera :

Memberlakukan jadwal belajar mengajar dengan sistem 2 sift (pagi dan sore)
Respon dalam skenario  termasuk dalam kategori : Kurang Memuaskan

Karena :
n  Tidak merujuk pada kompetensi kepemimpinan
Taktis, kritis, spesifik, dan aplikatif

SKENARIO 1.b.
1.b.     Situasi :
Sebagian gedung SDN Permata Sari  habis terbakar. Satu lokal bangunan sekolah setempat hangus, terdiri dari tiga ruang kelas dan satu ruangan UKS. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkirakan Rp.. 400 juta. Api yang berasal dari ruangan Kelas V menjalar dengan cepat karena tiupan angin yang kencang. Saat kebakaran terjadi, masyarakat sekitar berusaha untuk membantu namun karena peralatan yang seadanya, api sulit dipadamkan.  Saat kejadian Kepala sekolah tidak ada di tempat karena kebakaran terjadi saat sudah pulang sekolah. Jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah tidak begitu jauh karena siswa-siswa yang bersekolah di SDN Permata Sari adalah penduduk wilayah sekitar sekolah.Terbakarnya empat ruangan di sekolah tersebut membuat para siswa dan orang tua siswa khawatir kegiatan belajar mengajar berhenti karena jumlah ruang kelas yang tersisa tinggal 3 kelas yang ditempati kelas I, II dan III, sedangkan ruang Kelas IV, V dan VI hangus terbakar. Jumlah siswa SDN Permata Sari sebanyak 129 orang.

Contoh Respon :
Sebagai  Kepala Sekolah saya akan meliburkan siswa di tiga kelas yang kelasnya terbakar sampai ruang kelas mereka selesai dibangun kembali.



RAMBU-RAMBU 2
2. Kreativitas dan Pemecahan Masalah
MASALAH
DATA UTAMA
DATA PENDUKUNG
DATA PENGECOH
Buku pelajaran tidak tersedia untuk siswa






n  Kondisi ketersedian buku
n  Kondisi Keuangan Sekolah
n  Data/Jumlah siswa
n  Hubungan sekolah dengan Pemerintah
n  Kondisi ekonomi orang tua
n  Kondisi mata pencaharian hidup masyarakat
n  Letak geografis

n   Data Peserta UAS
n   Kualitas Guru

RUBRIK 2
2. Kreatifitas dan Pemecahan Masalah
Kategori
Identifikasi Masalah
Rencana Tindak
Kualitas Alternatif
Sistematika Pemikiran
Memuaskan
Buku pelajaran tidak tersedia untuk siswa
n  Penggalangan dana untuk pembelian buku
n  Berkoordinasi dengan Dinas dan Pemda untuk pengadaan buku
n  Menggandakan/foto copy buku pelajaran sesuai dana yang tersedia di sekolah
Ketiga rencana tindak yang diajukan sangat berbeda secara signifikan dan semuanya dapat memecahkan masalah
Kreatif, spesifik, dan aplikatif

SKENARIO 2
2.         Kasus :                                                                                                                                                               
Sekolah Dasar Satria Muda yang terletak di sekitar wilayah pesisir, kekurangan fasilitas. Murid-murid tidak memiliki buku pelajaran. SD yang berdiri sejak tahun 2003 ini memiliki 94 murid dengan jumlah tenaga pengajar 11 orang dan 1 Tata usaha. Saking kurangnya, hanya guru yang mempunyai buku panduan. Sementara murid sama sekali tidak punya. Orang tua muridpun tergolong tingkat ekonomi kurang mampu. Karena murid tidak memiliki buku pegangan menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran Tak heran jika dalam penyampaian materi pelajaran, guru terpaksa hanya menggunakan metode ceramah. Diharapkan hubungan pemerintah dan sekolah dapat terjalin baik dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan.











RAMBU-RAMBU  3
3. Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
MASALAH
DATA UTAMA
DATA PENDUKUNG
DATA PENGECOH
DATA TERSEMBUNYI
Laboratorium bahasa tidak ada
n  Sumber dana
n   Data Biaya
n   Data keuangan Sekolah
n   Komitmen Komite Sekolah
n   Komitmen PEMDA
n  Data siswa
n  Visi dan Misi Sekolah
n  Data Ruang/lahan sekolah

n  Letak geografis
n  Jumlah lulusan
n   Data sarana Lab. Bahasa
n  SBP
n   Data Anggaran Sekolah

RUBRIK  3
3. Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
Kategori
Identifikasi Masalah
Informasi Tambahan
Rencana Tindak
Sistematika Pemikiran
Memuaskan
Laboratorium bahasa tidak ada
n  Data lab. Bahasa
n  Data anggaran Sekolah
n  SBP
Melaksanakan langkah-langkah berikut ini :
(1)    Sosialisai Visi dan misi sekolah kepada pihak terkait
(2)  Penggalangan dana ke berbagai pihak
(3)  Pembangunan laboratorium Bahasa secara bertahap sesuai dana yang tersedia
Sistematis, detail, dan aplikatif

SKENARIO  3
3.         Deskripsi Kondisi :
Semua penyelenggara sekolah selalu berharap agar sekolah dikelolanya dapat menjadi sekolah yang unggul dan  diminati masyarakat. Sebuah Sekolah dasar yang terletak di ibu kota Kabupaten memiliki kelebihan-kelebihan dibanding sekolah lain di sekitarnya. Dengan letak sekolah yang sangat strategis sangat memungkinkan mendapat akses pembelajaran yang lebih maju didukung oleh bantuan pemerintah dan komite sekolah. SD tersebut telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Setiap ruangan kelas dilengkapi LCD sebagai media pembelajaran. Berbagai prestasi telah diraih. Dari kondisi tersebut, SD ini banyak diminati oleh masyarakat, bahkan dalam penerimaan murid baru, pihak sekolah melaksanakan Seleksi Penerimaan Murid Baru. Jumlah tenaga guru juga sangat ideal yakni 22 orang dengan jumlah kelas 16 buah. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh SD tersebut membuat pemerintan melakukan perubahan status dengan menjadikan sekolah tersebut Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Dengan predikat tersebut sekolah tersebut berbenah diri dengan meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan meningkatkan sarana dan prasarana sekolah secara berkesinambungan. Di balik kesuksesannya menjadi RSBI terbesit sebuah tantangan baru untuk terus berusaha meningkatkan kualitas sesuai dengan tuntutan masyarakat dan tantangan globalisasi. Sebagai RSBI diharapkan SD tersebut menjadi sekolah percontohan.

Wawancara
Kepala Sekolah menjelaskan bahwa :
1.    Memiliki nilai Akreditasi A
2.    Animo masyarakat ke sekolah tersebut sangat tinggi
3.    Pendapatan orang tua siswa mayoritas menengah ke atas
4.    Tenaga pengajar  22 orang
5.    Prestasi sekolah cukup memuaskan

Profil Sekolah :
Nama                                     : RSBI SDN Cemerlang Jaya
            Jumlah Siswa           : 423 murid
            Jumlah guru/instruktur, karyawan ;
-       Guru         :  S1 : 22 orang
-       Instruktur ICT : 1 orang
-       Karyawan :  2 orang
Kondisi sarana dan Prasarana
No
Sarana Prasarana
Jumlah (buah)
Kondisi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8


Lab. Komputer
Perpustakaan
UKS
Mushallah
Kantin Sekolah
Gudep Pramuka
Mess Penjaga sekolah
LCD



1
1
1
1
1
1
1
18

Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik


Jumlah Ruang :
-- Ruang kelas : 16
-- Ruang Kepala Sekolah : 1
-- Ruang Guru : 1
Kegiatan Ekstrakurikuler  :
n  Pramuka
n  Drumband
n  Dokter Kecil
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar