RAMBU-RAMBU 1.a.
1.a.
Respon terhadap situasi A
MASALAH
|
DATA
UTAMA
|
DATA
PENDUKUNG
|
DATA
PENGECOH
|
Guru mogok mengajar
|
n Jumlah Guru
n Jumlah Siswa
n Data Keuangan Sekolah
n Komitmen Sekolah dan Pemda
n Tingkat
Ekonomi Guru
|
n
Komitmen pengabdian guru
n
Sumbangan Pengusaha
|
n Tempat
tinggal guru
n Letak
geografis
|
RUBRIK 1.a.
1.a.
Respon terhadap Situasi A
Kategori
|
Idenrifikasi
Masalah
|
Rencana
Tindak
|
Sistematika
Pemikiran
|
Memuaskan
|
Guru
mogok mengajar
|
Minimal
1 diantara 2 rencana tindak ada :
n
Melakukan dialog dengan guru selanjutnya
melakukan koodinasi dengan Pemda
n
Melakukan kembali pendekatan dengan
pengusaha untuk membantu sekolah secara ikhlas.
|
Taktis,
spesifik, dan aplikatif
|
SKENARIO 1.a.
1.a. Situasi :
Para
Guru Tidak Tetap (GTT) di SDN Zahrah Perdana mogok mengajar karena tidak ada
dana untuk membayar honor mereka. Mogoknya para guru ini menggangu aktifitas
belajar mengajar di SDN Zahrah Perdana yang mana SD tersebut hanya satu-satunya
yang ada di wilayah itu. Jumlah guru GTT di SDN Zahrah Perdana sebanyak 6 orang
dan guru negeri 4 orang, sedangkan jumlah siswa sebanyak 95 siswa. Selama ini
untuk membayar honor para GTT ini diambilkan dari sumbangan pengusaha hotel dan
restauran yang ada di sekitar wilayah sekolah. Namun sejak ada Operasi yang
digelar Polda setempat yang menganggap pungutan yang dilakukan kepada para
pengusaha tersebut adalah premanisme, maka kepala Desa setempat bersama dengan
para Dewan Guru dan Komite sepakat tidak memungut sumbangan dari para
pengusaha. Sejak tidak adanya sumbangan itu, honor GTT tidak bisa dibayarkan.
Selain itu pihak sekolah dan Pemda harus punya komitmen yang jelas tentang
keberadaan GTT terkait dengan kesejahteraan para guru khususnya GTT di mana
guru-guru tersebut adalah penduduk wilayah sekitar sekolah SDN Zahrah Perdana.
RAMBU-RAMBU 1.b.
1.b.
Respon terhadap Situasi B
MASALAH
|
DATA
UTAMA
|
DATA
PENDUKUNG
|
DATA
PENGECOH
|
KUALITAS
RESPON
|
Tiga ruang kelas tidak bisa digunakan
|
n Jumlah Siswa
n data
Ruang Sekolah
n Kesesuaian
antara ruang kelas dan jumlah siswa
n Jarak
sekolah dengan tempat tinggal siswa
|
n Data Siswa
n Komitmen Pemda
n Biaya Renovasi
|
n Komite Sekolah tidak pernah rapat koordinasi
|
Kurang Memuaskan
Kepala Sekolah meliburkan
Siswa
|
RUBRIK 1.b.
1.b.
Respon terhadap Situasi B
Kategori
|
Identifikasi
Masalah
|
Rencana
Tindak
|
Kualitas
Respon
|
Sistematika
Pemikiran
|
Memuaskan
|
Tiga
ruang kelas tidak bisa digunakan
|
Tindakan
Segera :
Memberlakukan
jadwal belajar mengajar dengan sistem 2 sift (pagi dan sore)
|
Respon
dalam skenario termasuk dalam kategori
: Kurang Memuaskan
Karena
:
n Tidak
merujuk pada kompetensi kepemimpinan
|
Taktis,
kritis, spesifik, dan aplikatif
|
SKENARIO 1.b.
1.b.
Situasi :
Sebagian
gedung SDN Permata Sari habis terbakar.
Satu lokal bangunan sekolah setempat hangus, terdiri dari tiga ruang kelas dan
satu ruangan UKS. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun
kerugian diperkirakan Rp.. 400 juta. Api yang berasal dari ruangan Kelas V
menjalar dengan cepat karena tiupan angin yang kencang. Saat kebakaran terjadi,
masyarakat sekitar berusaha untuk membantu namun karena peralatan yang
seadanya, api sulit dipadamkan. Saat
kejadian Kepala sekolah tidak ada di tempat karena kebakaran terjadi saat sudah
pulang sekolah. Jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah tidak begitu jauh
karena siswa-siswa yang bersekolah di SDN Permata Sari adalah penduduk wilayah
sekitar sekolah.Terbakarnya empat ruangan di sekolah tersebut membuat para
siswa dan orang tua siswa khawatir kegiatan belajar mengajar berhenti karena
jumlah ruang kelas yang tersisa tinggal 3 kelas yang ditempati kelas I, II dan
III, sedangkan ruang Kelas IV, V dan VI hangus terbakar. Jumlah siswa SDN
Permata Sari sebanyak 129 orang.
Contoh
Respon :
Sebagai Kepala Sekolah saya akan meliburkan siswa di
tiga kelas yang kelasnya terbakar sampai ruang kelas mereka selesai dibangun
kembali.
RAMBU-RAMBU 2
2.
Kreativitas dan Pemecahan Masalah
MASALAH
|
DATA
UTAMA
|
DATA
PENDUKUNG
|
DATA
PENGECOH
|
Buku pelajaran tidak tersedia untuk siswa
|
n Kondisi
ketersedian buku
n Kondisi
Keuangan Sekolah
n Data/Jumlah
siswa
n Hubungan
sekolah dengan Pemerintah
|
n Kondisi
ekonomi orang tua
n Kondisi
mata pencaharian hidup masyarakat
n Letak
geografis
|
n Data Peserta UAS
n Kualitas Guru
|
RUBRIK 2
2. Kreatifitas
dan Pemecahan Masalah
Kategori
|
Identifikasi
Masalah
|
Rencana
Tindak
|
Kualitas
Alternatif
|
Sistematika
Pemikiran
|
Memuaskan
|
Buku pelajaran tidak tersedia untuk siswa
|
n Penggalangan
dana untuk pembelian buku
n Berkoordinasi
dengan Dinas dan Pemda untuk pengadaan buku
n Menggandakan/foto
copy buku pelajaran sesuai dana yang tersedia di sekolah
|
Ketiga rencana tindak yang diajukan sangat berbeda
secara signifikan dan semuanya dapat memecahkan masalah
|
Kreatif, spesifik, dan aplikatif
|
SKENARIO 2
2. Kasus :
Sekolah
Dasar Satria Muda yang terletak di sekitar wilayah pesisir, kekurangan
fasilitas. Murid-murid tidak memiliki buku pelajaran. SD yang berdiri sejak
tahun 2003 ini memiliki 94 murid dengan jumlah tenaga pengajar 11 orang dan 1
Tata usaha. Saking kurangnya, hanya guru yang mempunyai buku panduan. Sementara
murid sama sekali tidak punya. Orang tua muridpun tergolong tingkat ekonomi
kurang mampu. Karena murid tidak memiliki buku pegangan menyebabkan guru
kesulitan dalam menyampaikan materi pelajaran Tak heran jika dalam penyampaian
materi pelajaran, guru terpaksa hanya menggunakan metode ceramah. Diharapkan
hubungan pemerintah dan sekolah dapat terjalin baik dalam rangka meningkatkan
pelayanan pendidikan.
RAMBU-RAMBU 3
3.
Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
MASALAH
|
DATA
UTAMA
|
DATA
PENDUKUNG
|
DATA
PENGECOH
|
DATA
TERSEMBUNYI
|
Laboratorium bahasa tidak ada
|
n Sumber
dana
n Data Biaya
n Data keuangan Sekolah
n Komitmen Komite Sekolah
n Komitmen PEMDA
|
n Data
siswa
n Visi
dan Misi Sekolah
n
Data Ruang/lahan sekolah
|
n
Letak geografis
n
Jumlah lulusan
|
n
Data
sarana Lab. Bahasa
n
SBP
n
Data
Anggaran Sekolah
|
RUBRIK 3
3.
Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
Kategori
|
Identifikasi
Masalah
|
Informasi
Tambahan
|
Rencana
Tindak
|
Sistematika
Pemikiran
|
Memuaskan
|
Laboratorium bahasa tidak ada
|
n Data
lab. Bahasa
n Data
anggaran Sekolah
n SBP
|
Melaksanakan langkah-langkah berikut ini :
(1)
Sosialisai Visi dan misi sekolah kepada
pihak terkait
(2)
Penggalangan dana ke
berbagai pihak
(3)
Pembangunan laboratorium
Bahasa secara bertahap sesuai dana yang tersedia
|
Sistematis, detail, dan aplikatif
|
SKENARIO 3
3. Deskripsi
Kondisi :
Semua
penyelenggara sekolah selalu berharap agar sekolah dikelolanya dapat menjadi
sekolah yang unggul dan diminati
masyarakat. Sebuah Sekolah dasar yang terletak di ibu kota Kabupaten memiliki
kelebihan-kelebihan dibanding sekolah lain di sekitarnya. Dengan letak sekolah
yang sangat strategis sangat memungkinkan mendapat akses pembelajaran yang
lebih maju didukung oleh bantuan pemerintah dan komite sekolah. SD tersebut
telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Setiap ruangan kelas
dilengkapi LCD sebagai media pembelajaran. Berbagai prestasi telah diraih. Dari
kondisi tersebut, SD ini banyak diminati oleh masyarakat, bahkan dalam
penerimaan murid baru, pihak sekolah melaksanakan Seleksi Penerimaan Murid
Baru. Jumlah tenaga guru juga sangat ideal yakni 22 orang dengan jumlah kelas
16 buah. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh SD tersebut membuat pemerintan
melakukan perubahan status dengan menjadikan sekolah tersebut Rintisan Sekolah
Bertaraf Internasional (RSBI). Dengan predikat tersebut sekolah tersebut
berbenah diri dengan meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan meningkatkan
sarana dan prasarana sekolah secara berkesinambungan. Di balik kesuksesannya
menjadi RSBI terbesit sebuah tantangan baru untuk terus berusaha meningkatkan
kualitas sesuai dengan tuntutan masyarakat dan tantangan globalisasi. Sebagai
RSBI diharapkan SD tersebut menjadi sekolah percontohan.
Wawancara
Kepala
Sekolah menjelaskan bahwa :
1. Memiliki
nilai Akreditasi A
2. Animo
masyarakat ke sekolah tersebut sangat tinggi
3. Pendapatan
orang tua siswa mayoritas menengah ke atas
4. Tenaga
pengajar 22 orang
5. Prestasi
sekolah cukup memuaskan
Profil Sekolah :
Nama
: RSBI
SDN Cemerlang Jaya
Jumlah Siswa : 423 murid
Jumlah guru/instruktur, karyawan ;
- Guru :
S1 : 22 orang
- Instruktur
ICT : 1 orang
- Karyawan
: 2 orang
Kondisi sarana dan Prasarana
No
|
Sarana Prasarana
|
Jumlah (buah)
|
Kondisi
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
|
Lab. Komputer
Perpustakaan
UKS
Mushallah
Kantin Sekolah
Gudep Pramuka
Mess Penjaga sekolah
LCD
|
1
1
1
1
1
1
1
18
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
Jumlah Ruang :
--
Ruang kelas : 16
--
Ruang Kepala Sekolah : 1
--
Ruang Guru : 1
Kegiatan Ekstrakurikuler
:
n Pramuka
n Drumband
n Dokter
Kecil
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar