PROGRAM KERJA PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN SEJARAH STKIP HAMZANWADI SELONG
A. Pogram Kerja Jangka Pendek dan Menengah
No
|
Program
Kerja
|
BULAN
|
KET
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
||
1
|
KURIKULUM
1.
Mengupayakan
pada setiap mata kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah memiliki Silabus
dilengkapi dengan administrasi mengajar lainnya.
2.
Mengadakan
workshop mata kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah
3.
Menetapkan
Standar Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah pada setiap mata
kuliah
4.
Melakukan
peninjauan kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
1.
Mengevaluasi
kegiatan perkuliahan 1 kali dalam 1 bulan dalam bentuk rapat evaluasi
2.
Mengevaluasi
hasil penyelenggaraan perkuliahan yang telah dilaksanakan oleh dosen melalui
kegiatan “temu mahasiswa” atau dalam bentuk dialog mahasiswa
3.
Monitoring
perkuliahan 1 kali sebulan (memeriksa langsung proses perkuliahan, memeriksa
jurnal kehadiran dosen).
4.
Mengupayakan
literatur/reference setiap mata kuliah (baik yang tersedia di perpustakaan
maupun di Prodi Pend. Sejarah).
5.
melakukan
penataan lab sejarah dan penataan koleksi lab sejarah.
6.
mengupayakan
peningkatan buku di Prodi Sejarah baik yang pendidikan maupun dalam bidang
sejarah.
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
DOSEN
1.
Mengevaluasi
kinerja dosen
2.
Memberikan
pelatihan penelitian untuk dosen, sekaligus sebagai persiapan untuk
pembimbing skripsi
3.
Mengajukan
dosen pend. Sejarah dalam jabatan akademik
4.
Memotivasi
dosen untuk mengadakan buku atau bahan ajar pada setiap mata kuliah
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
MAHASISWA
1.
Melakukan
sosialisasi dan konsolidasi dengan mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah.
2.
Mengadakan
“temu-mahasiswa” atau “dialog-mahasiswa” 1 kali sebulan yang dikoordinasikan
oleh HMPS.
3.
Mengupayakan
semua mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah memiliki KTM, mengatasi persoalan
administrasi, dan lainnya.
4.
Melakukan
konversi mata kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari D1, D2 dan D3.
5.
Memberikan
bimbingan proposal dan skripsi bagi mahasiswa akhir studi.
6.
Menjadwalkan
ujian skripsi.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
ADMINISTRASI
1.
Mengupayakan
semua dosen Program Studi Pend. Sejarah memiliki file/data base dosen.
2.
Mengupayakan
semua mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah memiliki file/data base
mahasiswa.
3.
Menyiapkan
jurnal perkuliahan dan kehadiran dosen Program Studi Pend. Sejarah.
4.
Menyiapkan
absensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah.
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Kerjasama
1.
Melakukan
koordinasi dan bekerjasama dengan kepala-kepala unit dalam lingkungan STKIP
HAMZANWADI Selong.
2.
Melakukan
kerjasama dengan Museum Negeri NTB pada bidang pengkajian dokumentasi
benda-benda sejarah.
3.
Bekerjasama
dengan Dinas Pariwisata Kabupaten dan Provinsi dalam pelestarian cagar
budaya.
4.
Mendukung
dan mensosialisasikan program Pemerintah Provinsi NTB dalam Visit
Lombok-Sumbawa 2009 guna memajukan pariwisata NTB
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Pogram Kerja Jangka Panjang
1. Peningkatan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar.
Peningkatan Kedisiplinan mengajar dosen menjadi fokus
dengan meningkatkan sistem monitoring dan melakukan pertemuan dengan
Korti-Korti secara berkala (1x sebulan) terkait dengan kinerja dosen (jumlah
tatapmuka) di kelas. Demikian pula ketekunan dan kedisiplinan mahasiswa mengikuti
proses perkuliahan menjadi fokus pembinaan dan pemantauan Prodi.
Selain
itu pengadaan media pembelajaran sebagai pendukung pembelajaran diusahakan
diberadakan. Hal ini dianggap penting karena dalam pembelajaran sejarah sangat
memerlukan media seperti LCD, media
gambar, wisata sejarah dll.
2. Pengembangan Laboratorium dan Perpustakaan Sejarah.
Pengembangan
laboratorium sejarah dengan cara meningkatkan koleksi laboratorium dan harapan
besar kami adalah menjadikan Laboratorium Sejarah sebagai Museum Mini Lombok
Timur. Photo-photo Tokoh/pahlawan Lombok
diusahakan ada di Laboratorium misalnya Photo dan kisah-kisah perjuangan
Maulana Syekh, Photo-photo dan biografi Bupati dan mantan-mantan Bupati Lombok
Timur dll. Demikian pula koleksi benda-benda bersejarah dan miniature bangunan
bersejarah baik yang ada di Indonesia
maupun di luar negeri diupayakan ditingkatkan jumlahnya sebagai sumber belajar
mahasiswa dan dosen.
Mengenai
perpustakaan Sejarah, diusahakan ada tempat khusus dan koleksi buku
ditingkatkan. Untuk kepentingan hal tersebut maka semua karya-karya dosen
maupun mahasiswa baik itu hasil penelitian, buku ajar, makalah dll akan
dikumpulkan. Keterbatasan buku-buku sejarah baik yang ada di perpustakaan STKIP,
Perpusda maupun di Toko Buku Lombok Timur menyulitkan mahasiswa mencari
bahan-bahan bacaan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dan menghambat
pengembangan wawasan kesejarahan mereka.
Untuk itu kami upayakan keberadaan Perpustakaan Sejarah ini dapat menjadi
solusi atas masalah ini.
3. Pengembangan dan peningkatan pelayanan Administrasi Program
Studi.
Penertiban Absensi mahasiswa akan
dilakukan untuk memudahkan pendataan mahasiswa yang aktif, tidak aktif, cuti
dan mahasiswa transfer. Sistem pembagian Kartu Rencana Studi (KRS)
diatur dengan baik dengan bekerja sama dengan para pengampu mata kuliah untuk
mengecek KRS mahasiswa. Demikian pula dengan Kartu Hasil Studi (KHS) diusahakan
maksimal 1 bulan setelah UAS harus siap diserahkan kepada mahasiswa. Untuk
seluruh dosen diwajibkan menyerahkan nilai paling lambat 10 hari setelah UAS
atau mengacu pada aturan Lembaga yang telah dibuat. Fokus kami adalah semua
dosen melaksanakan ketentuan UAS yang berlaku.
Penertiban
administrasi akan ditingkatkan untuk memudahkan evaluasi diri dan akreditasi. Penertiban
administrasi dan kedisiplinan dosen akan berimbas pada peningkatan pelayananan
adminisrasi baik untuk kepentingan lembaga maupun untuk kepentingan mahasiswa.
4. Melaksanakan Kegiatan Seminar Ilmiah secara berkala.
Secara berkala Program Studi Pendidikan
Sejarah akan melaksanakan kegiatan seminar ilmiah baik tingkat Prodi, kampus,
lokal maupun nasional. Mendatangkan narasumber (pakar) dalam bidang Pendidikan
dan Sejarah. Hal ini dilakukan untuk menambah pengetahuan, wawasan dosen dan
mahasiswa untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan secara umum serta kualitas
belajar mengajar secara khusus.
Menindaklanjuti
program STKIP Hamzanwadi Selong untuk Go International maka kami merencanakan dosen Program Studi
Pendidikan Sejarah dapat mengikuti Seminar Ilmiah pada tingkat Nasional dan
internasional mis, Temu Ilmiah Dosen Sejarah se Indonesia . Demikian pula dengan
mengirim utusan mahasiswa untuk mengikuti temu ilmiah atau temu mahasiwa tingkat
nasional mis. Seminar nasional mahasiswa sejarah se Indonesia , Jambore nasional dll.
Hal ini dilakukan agar STKIP Hamzanwadi Selong memiliki gaung nasional dan
internasional.
Pengiriman
dosen dan mahasiswa memiliki makna penting bagi Lembaga STKIP (Proses interaksi
positif dengan dosen dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang telah memilki
jaringan internasional). Harapan kami ke depan, ada dosen kita yang terkenal
dan menjadi pembicara nasional dan internasional.
5. Perbaikan sistem pengajuan judul, pembimbingan dan Ujian
Skripsi.
Sistem pengajuan judul akan diseleksi
dengan baik agar judul yang diajukan mahasiswa
layak secara ilmiah dan terhindar dari palagiat. Inventarisasi judul 10 tahun terakhir
juga akan dilakukan. Direncanakan setiap bulan (tergantung kuota mahasiswa yang
mengajukan judul), mahasiswa melakukan seminar judul yang dihadiri oleh dosen-dosen
Program Studi Pendidikan Sejarah. Demikian pula personalia pembimbing akan
diatur dengan baik sesuai dengan bidang keahliannya.
Mengenai ujian Skripsi, untuk menjaga
kesakralannya karena kegiatan ini adalah ujian akhir maka dibutuhkan ruangan
khusus agar kondisi ujian lebih hikmat
dan tidak ada gangguan.
6. Peningkatan Partisipasi Dosen dalam Pengembangan Program
Studi
Dalam
Program ini para dosen dipacu untuk
meningkatkan kualitasnya dengan melakukan penelitian, membuat karya ilmiah,
meningkatkan pendidikannya dll. Karya-karya mereka akan dimuat dalam bulletin
sejarah. Keakraban dosen juga harus ditingkatkan untuk membangun kebersamaan
dalam mengembangkan Lembaga Perguruan Tinggi dan Program Studi.
7. Pembinaan organisasi
dan kegiatan Kemahasiswaan.
Pembinaan organisasi
kemahasiswaan ditingkatkan dengan pemberdayaan HMPS (Himpunan Mahasiswa Program
Studi). Kelompok-kelompok studi dikembangkan seperti Lembaga Kajian Ilmiah
Sejarah (LKIS) dll. Program Studi akan memfasilitasinya, baik tentang izin
kegiatan maupun pendanaannya sesuai kemampuan lembaga.
Kegiatan
Kemahasiswaan terfokus pada kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan,
keterampilan dan kepemimpinan yang
berguna bagi lembaga dan masa depan mahasiswa. Pembinaan Organisasi
kemahasiswaan di bawah koordinasi Dosen Pembina , Ketua Program Studi dan Puket
III selaku Penanggung jawab bidang kemahasiswaan. Pembinaan dan koordinasi ini
dilakukan agar kegiatan mahasiswa lebih terarah dan tidak menyimpang dari kode
etik STKIP Hamzanwadi Selong.
8. Etika berpakaian dan
penampilan mahasiswa dan dosen
Dalam kegiatan belajar mengajar dan
pelayanan administrasi serta kegiatan akademik yang sifatnya formal, mahasiswa
(i) diharuskan untuk berpakaian sopan layaknya calon guru (tidak memakai celana
jeans, wajib memakai sepatu dan tidak berpakaian ketat). Untuk dosen, harus menjadi
teladan bagi mahasiswa.
C. Program Pendukung
1. Mengadakan workshop
penelitian ke-sejarah-an
Sasaran :
- Dosen-dosen Program Studi
Pend. Sejarah STKIP HAMZANWADI Selong dengan target dapat memberikan bimbingan
penulisan dan penelitian bagi mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah dalam
menyelesaikan tugas/studi akhir di Program Studi Pend. Sejarah STKIP HAMZANWADI
Selong.
2. Mengadakan seminar (baik
seminar regional maupun nasional) tentang ke-sejarah-an.
Sasaran :
- Dosen Program Studi Pend. Sejarah
STKIP HAMZANWADI Selong, mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah STKIP HAMZANWADI
Selong, dan guru-guru SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA se-Lombok Timur.
3. Mengadakan KKL Program
Studi Pend. Sejarah dengan melakukan praktik dan penelitian pada obyek-obyek Sejarah
di pulau Lombok, Sumbawa, Bali, dan Jawa.
Demikian
Program Studi Pendidikan Sejarah, semoga mendapat tanggapan yang positif dan kami
mengharapkan usul kritik yang konstruktif. Terima kasih.
Pancor, 12 Desember 2008 Kaprodi Pend. Sejarah Sekprodi Pend. Sejarah
MUHTASAR, M.Pd. SYAHRUL AMAR, M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar