Kamis, 07 Februari 2013

PROGRAM KERJA prodi Pendidikan Sejarah STKIP Hamzanwadi Selong


PROGRAM KERJA PROGRAM STUDI
   PENDIDIKAN SEJARAH STKIP HAMZANWADI SELONG

A.     Pogram Kerja Jangka Pendek dan Menengah
No
Program Kerja
BULAN
KET
1
2
3
4
5
6

1
KURIKULUM
1.   Mengupayakan pada setiap mata kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah memiliki Silabus dilengkapi dengan administrasi mengajar lainnya.
2.    Mengadakan workshop mata kuliah Program Studi Pendidikan Sejarah
3.    Menetapkan Standar Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah pada setiap mata kuliah
4.    Melakukan peninjauan kurikulum







2
KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
1.      Mengevaluasi kegiatan perkuliahan 1 kali dalam 1 bulan dalam bentuk rapat evaluasi
2.      Mengevaluasi hasil penyelenggaraan perkuliahan yang telah dilaksanakan oleh dosen melalui kegiatan “temu mahasiswa” atau dalam bentuk dialog mahasiswa
3.      Monitoring perkuliahan 1 kali sebulan (memeriksa langsung proses perkuliahan, memeriksa jurnal kehadiran dosen).
4.      Mengupayakan literatur/reference setiap mata kuliah (baik yang tersedia di perpustakaan maupun di Prodi Pend. Sejarah).
5.      melakukan penataan lab sejarah dan penataan koleksi lab sejarah.
6.      mengupayakan peningkatan buku di Prodi Sejarah baik yang pendidikan maupun dalam bidang sejarah.







3
DOSEN
1.       Mengevaluasi kinerja dosen
2.       Memberikan pelatihan penelitian untuk dosen, sekaligus sebagai persiapan untuk pembimbing skripsi
3.       Mengajukan dosen pend. Sejarah dalam jabatan akademik
4.       Memotivasi dosen untuk mengadakan buku atau bahan ajar pada setiap mata kuliah







4
MAHASISWA
1.       Melakukan sosialisasi dan konsolidasi dengan mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah.
2.       Mengadakan “temu-mahasiswa” atau “dialog-mahasiswa” 1 kali sebulan yang dikoordinasikan oleh HMPS.
3.       Mengupayakan semua mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah memiliki KTM, mengatasi persoalan administrasi, dan lainnya.
4.       Melakukan konversi mata kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari D1, D2 dan D3.
5.       Memberikan bimbingan proposal dan skripsi bagi mahasiswa akhir studi.
6.       Menjadwalkan ujian skripsi.







5
ADMINISTRASI
1.       Mengupayakan semua dosen Program Studi Pend. Sejarah memiliki file/data base dosen.
2.       Mengupayakan semua mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah memiliki file/data base mahasiswa.
3.       Menyiapkan jurnal perkuliahan dan kehadiran dosen Program Studi Pend. Sejarah.
4.       Menyiapkan absensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah.







6
Kerjasama
1.       Melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan kepala-kepala unit dalam lingkungan STKIP HAMZANWADI Selong.
2.       Melakukan kerjasama dengan Museum Negeri NTB pada bidang pengkajian dokumentasi benda-benda sejarah.
3.       Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten dan Provinsi dalam pelestarian cagar budaya.
4.       Mendukung dan mensosialisasikan program Pemerintah Provinsi NTB dalam Visit Lombok-Sumbawa 2009 guna memajukan pariwisata NTB











B.      Pogram Kerja Jangka Panjang
1.     Peningkatan kualitas Kegiatan  Belajar Mengajar.
          Peningkatan Kedisiplinan mengajar dosen menjadi fokus dengan meningkatkan sistem monitoring dan melakukan pertemuan dengan Korti-Korti secara berkala (1x sebulan) terkait dengan kinerja dosen (jumlah tatapmuka) di kelas. Demikian pula ketekunan dan kedisiplinan mahasiswa mengikuti proses perkuliahan menjadi fokus pembinaan dan pemantauan Prodi.
         Selain itu pengadaan media pembelajaran sebagai pendukung pembelajaran diusahakan diberadakan. Hal ini dianggap penting karena dalam pembelajaran sejarah sangat memerlukan media seperti  LCD, media gambar, wisata sejarah dll.

2.     Pengembangan Laboratorium dan Perpustakaan Sejarah.
           Pengembangan laboratorium sejarah dengan cara meningkatkan koleksi laboratorium dan harapan besar kami adalah menjadikan Laboratorium Sejarah sebagai Museum Mini Lombok Timur. Photo-photo Tokoh/pahlawan Lombok diusahakan ada di Laboratorium misalnya Photo dan kisah-kisah perjuangan Maulana Syekh, Photo-photo dan biografi Bupati dan mantan-mantan Bupati Lombok Timur dll. Demikian pula koleksi benda-benda bersejarah dan miniature bangunan bersejarah baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri diupayakan ditingkatkan jumlahnya sebagai sumber belajar mahasiswa dan dosen.    
            Mengenai perpustakaan Sejarah, diusahakan ada tempat khusus dan koleksi buku ditingkatkan. Untuk kepentingan hal tersebut maka semua karya-karya dosen maupun mahasiswa baik itu hasil penelitian, buku ajar, makalah dll akan dikumpulkan. Keterbatasan buku-buku sejarah baik yang ada di perpustakaan STKIP, Perpusda maupun di Toko Buku Lombok Timur menyulitkan mahasiswa mencari bahan-bahan bacaan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dan menghambat pengembangan wawasan  kesejarahan mereka. Untuk itu kami upayakan keberadaan Perpustakaan Sejarah ini dapat menjadi solusi atas masalah ini.

3.     Pengembangan dan peningkatan pelayanan Administrasi Program Studi.
           Penertiban Absensi mahasiswa akan dilakukan untuk memudahkan pendataan mahasiswa yang aktif, tidak aktif, cuti dan mahasiswa transfer. Sistem pembagian Kartu Rencana Studi (KRS) diatur dengan baik dengan bekerja sama dengan para pengampu mata kuliah untuk mengecek KRS mahasiswa. Demikian pula dengan Kartu Hasil Studi (KHS) diusahakan maksimal 1 bulan setelah UAS harus siap diserahkan kepada mahasiswa. Untuk seluruh dosen diwajibkan menyerahkan nilai paling lambat 10 hari setelah UAS atau mengacu pada aturan Lembaga yang telah dibuat. Fokus kami adalah semua dosen melaksanakan ketentuan UAS yang berlaku.
           Penertiban administrasi akan ditingkatkan untuk memudahkan evaluasi diri dan akreditasi. Penertiban administrasi dan kedisiplinan dosen akan berimbas pada peningkatan pelayananan adminisrasi baik untuk kepentingan lembaga maupun untuk kepentingan mahasiswa.

4.     Melaksanakan Kegiatan Seminar Ilmiah secara berkala.
            Secara berkala Program Studi Pendidikan Sejarah akan melaksanakan kegiatan seminar ilmiah baik tingkat Prodi, kampus, lokal maupun nasional. Mendatangkan narasumber (pakar) dalam bidang Pendidikan dan Sejarah. Hal ini dilakukan untuk menambah pengetahuan, wawasan dosen dan mahasiswa untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan secara umum serta kualitas belajar mengajar secara khusus.
            Menindaklanjuti program STKIP Hamzanwadi Selong untuk Go International  maka kami merencanakan dosen Program Studi Pendidikan Sejarah dapat mengikuti Seminar Ilmiah pada tingkat Nasional dan internasional mis, Temu Ilmiah Dosen Sejarah se Indonesia. Demikian pula dengan mengirim utusan mahasiswa untuk mengikuti temu ilmiah atau temu mahasiwa tingkat nasional mis. Seminar nasional mahasiswa sejarah se Indonesia, Jambore nasional dll. Hal ini dilakukan agar STKIP Hamzanwadi Selong memiliki gaung nasional dan internasional.
           Pengiriman dosen dan mahasiswa memiliki makna penting bagi Lembaga STKIP (Proses interaksi positif dengan dosen dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang telah memilki jaringan internasional). Harapan kami ke depan, ada dosen kita yang terkenal dan menjadi pembicara nasional dan internasional.
      
5.     Perbaikan sistem pengajuan judul, pembimbingan dan Ujian Skripsi.
          Sistem pengajuan judul akan diseleksi dengan baik agar judul yang diajukan  mahasiswa layak secara ilmiah dan terhindar dari palagiat. Inventarisasi judul 10 tahun terakhir juga akan dilakukan. Direncanakan setiap bulan (tergantung kuota mahasiswa yang mengajukan judul), mahasiswa melakukan seminar judul yang dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Sejarah. Demikian pula personalia pembimbing akan diatur dengan baik sesuai dengan bidang keahliannya.
         Mengenai ujian Skripsi, untuk menjaga kesakralannya karena kegiatan ini adalah ujian akhir maka dibutuhkan ruangan khusus  agar kondisi ujian lebih hikmat dan tidak ada gangguan.

6.     Peningkatan Partisipasi Dosen dalam Pengembangan Program Studi
           Dalam Program ini  para dosen dipacu untuk meningkatkan kualitasnya dengan melakukan penelitian, membuat karya ilmiah, meningkatkan pendidikannya dll. Karya-karya mereka akan dimuat dalam bulletin sejarah. Keakraban dosen juga harus ditingkatkan untuk membangun kebersamaan dalam mengembangkan Lembaga Perguruan Tinggi dan Program Studi.

7.      Pembinaan organisasi dan kegiatan Kemahasiswaan.
         Pembinaan organisasi kemahasiswaan ditingkatkan dengan pemberdayaan HMPS  (Himpunan Mahasiswa Program Studi). Kelompok-kelompok studi dikembangkan seperti Lembaga Kajian Ilmiah Sejarah (LKIS) dll. Program Studi akan memfasilitasinya, baik tentang izin kegiatan maupun pendanaannya sesuai kemampuan lembaga.
         Kegiatan Kemahasiswaan terfokus pada kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan kepemimpinan  yang berguna bagi lembaga dan masa depan mahasiswa. Pembinaan Organisasi kemahasiswaan di bawah koordinasi Dosen Pembina , Ketua Program Studi dan Puket III selaku Penanggung jawab bidang kemahasiswaan. Pembinaan dan koordinasi ini dilakukan agar kegiatan mahasiswa lebih terarah dan tidak menyimpang dari kode etik STKIP Hamzanwadi Selong.

8.      Etika berpakaian dan penampilan mahasiswa dan dosen
          Dalam kegiatan belajar mengajar dan pelayanan administrasi serta kegiatan akademik yang sifatnya formal, mahasiswa (i) diharuskan untuk berpakaian sopan layaknya calon guru (tidak memakai celana jeans, wajib memakai sepatu dan tidak berpakaian ketat). Untuk dosen, harus menjadi teladan bagi mahasiswa.

C.      Program Pendukung
1.       Mengadakan workshop penelitian ke-sejarah-an
Sasaran :
-    Dosen-dosen Program Studi Pend. Sejarah STKIP HAMZANWADI Selong dengan target dapat memberikan bimbingan penulisan dan penelitian bagi mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah dalam menyelesaikan tugas/studi akhir di Program Studi Pend. Sejarah STKIP HAMZANWADI Selong.
2.       Mengadakan seminar (baik seminar regional maupun nasional) tentang ke-sejarah-an.
Sasaran :
-    Dosen Program Studi Pend. Sejarah STKIP HAMZANWADI Selong, mahasiswa Program Studi Pend. Sejarah STKIP HAMZANWADI Selong, dan guru-guru SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA se-Lombok Timur.
3.       Mengadakan KKL Program Studi Pend. Sejarah dengan melakukan praktik dan penelitian pada obyek-obyek Sejarah di pulau Lombok, Sumbawa, Bali, dan Jawa.
               Demikian Program Studi Pendidikan Sejarah, semoga  mendapat tanggapan yang positif dan kami mengharapkan usul kritik yang konstruktif. Terima kasih.
                                                                                                              Pancor, 12 Desember 2008 Kaprodi  Pend. Sejarah                                                              Sekprodi Pend. Sejarah


                MUHTASAR, M.Pd.                                                                    SYAHRUL  AMAR, M.Pd.
                 NIS  330 29 11 087                                                                         NIS  330 29 11 298



Tidak ada komentar:

Posting Komentar