|
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
|
|
(STKIP )
HAMZANWADI SELONG
|
|
TERAKREDITASI
|
|
SEKRETARIAT : JALAN TGKH M. ZAINUDDIN ABDUL MADJID NO. 70 PANCOR LOTIM
Telp. (0376) 21394, 22953 Fax. (0376) 22954 E-mail :
hamzanwadi2002@yahoo.com
|
SILABUS MATA KULIAH SEJARAH
INTELEKTUAL
|
|
Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
SKS/JS
Prasyarat
|
:
Sejarah Intelektual
:
MKKB4635
:
2/2
:
-
|
Deskripsi
Mata kuliah ini
mengkaji
tentang peran
intelektual dalam berbagai peristiwa sejarah. Mata kuliah ini juga membahas tentang
ritme perkembangan pemikiran manusia termasuk tahap-tahap perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Sejarah Intelektual merupakan salah satu
matakuliah keahlian yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa Program Studi
Pendidikan Sejarah sebagai bidang keilmuan yang memberikan pengetahuan dan
wawasan kesejarahan.
Kompetensi
Memahami peran intelektual dalam berbagai peristiwa sejarah
dan mampu menjelaskan perkembangan pemikiran manusia serta memahami
peran intelektual dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Materi
Tahap perkembangan pemikiran manusia, Peran intelektual dalan berbagai
peristiwa sejarah, Peran intelektual dalam perkembangan IPTEK, Hubungan kaum
intelektual dengan masyarakat, Kolaborasi antara Intelektual, Agama dan
Negara
Pustaka
Bernal, J.D. 1977. Science in
History, 4 vulumes. Cambridge : M.I.T. Press.
Buttefields, Herbert. 1965. The
Origins of Modern Science 1300-1800. New York : Harper and Row
Bronowski, J. & Bruce
Mazlish. 1975. The Western Intelectual Tradition: From Leonardo to Hegel.
Kuntowijoyo, 1994. Metodologi
Sejarah. Yogyakarta : Pt Tiara Wacana.
Kartodirdjo, Sartono. 1992.
Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama.
The Liang Gie. 1998. Lintasan
Sejarah Ilmu. Yogyakarta : PUBIB
Tim Editor Masika. 1996.
Kebebasan Cendikiawan (Kumpulan Tulisan/artikel). Yogyakarta : Pustaka
Republika.
Hay,S.N. and Case, M,H, 1962.
South,East Asian History. A Bibliographical Guide, New York.
Kusumohamidjojo, B. 1985.
Asia Tenggara dalam Prespektif Netralita
dan Netralisme. Jakarta: Gramedia.
|
RENCANA PROGRAM SEMESTER (RPS)
Mata
Kuliah
|
: Sejarah Intelektual
|
Jurusan
|
: Pendidikan IPS
|
Kode
MK
|
:
|
Program
Studi
|
: Pendidikan Sejarah
|
SKS/JS
|
: 2/2
|
Jenjang
|
: S1
|
Prasyarat
|
: -
|
Semester
|
: Genap
|
Kompetensi
Memahami peran intelektual dalam berbagai peristiwa sejarah
dan mampu menjelaskan perkembangan pemikiran manusia serta memahami
peran intelektual dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
Jadwal
Perkuliahan
|
|||
Pertemuan
|
Materi
|
||
1
|
Pengenalan Materi kuliah Sejarah Intelektual
|
||
2
|
Intelektual dalam lintasan Sejarah
|
||
3,4
|
Tahap-tahap
perkembangan Pemikiran Manusia
|
||
5,6,7
|
Peran
Intelektual dalam berbagai peristiwa Sejarah
|
||
8
|
Kedudukan
Intelektual dalam kehidupan social
|
||
9
|
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
|
||
10,11,12
|
Peran Intelektual dalam Perkembangan IPTEK
|
||
13
|
Intelektual sebagai pembentuk zaman
|
||
14
|
Kebebasan dan Konflik Intelektual dengan Negara
|
||
15,16
|
Peran
Intelektual dalam kehidupan Agama, Budaya dan Politik
|
||
|
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
|
||
Kegiatan Perkuliahan
Perkuliahan
dilaksanakan dalam kegiatan sebagai berikut:
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Pemberian tugas
5. Presentasi kelompok
Evaluasi
Nilai akhir
ditentukan atas:
1. Kehadiran
(10%)
2. Tugas Individu/Kelompok
(20%)
3. Ujian Tengah Semester (30%)
4. Ujian Akhir Semester (40%)
|
DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH
(SYAHRUL
AMAR, M.Pd.)
|
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
|
|
(STKIP ) HAMZANWADI SELONG
|
|
TERAKREDITASI
|
|
SEKRETARIAT : JALAN TGKH M. ZAINUDDIN ABDUL
MADJID NO. 70 PANCOR LOTIM
Telp. (0376) 21394, 22953 Fax. (0376) 22954
E-mail : hamzanwadi2002@yahoo.com
|
|
SOAL :
- Kebudayan
di kawasan Asia Tenggara banyak dipengaruhi oleh kebudayan India. Jelaskan
proses dan perkembangan kebudayaan India
di Kawasan Asia Tenggara!
- Masuknya
bangsa Eropa di Kawasan Asia Tenggara membawa pengaruh yang besar terhadap
kondisi politik dan ekonomi. Jelaskan gambaran umum kondisi politik dan
ekonomi di wilayah Muangthai, Malaysia, Laos, Birma dan Indonesia!
- Pada abad
ke 20 nasionalisme melanda kawasan Asia Tenggara. Jelaskan bentuk-bentuk
perlawanan bangsa-bangsa Asia tenggara dan apa dampaki yang ditimbulkan
dari gerakan nasionalisme tersebut!
- Jelaskan
mengapa Jepang melakukan serangan terhadap kawasan Asia tenggara dan apa
dampak yang ditimbulkan dari pendudukan Jepang di kawasan Asia Tenggara?
- Berdirinya
organisasi kerjasama seperti ASEAN adalah sebagai langkah maju dalam
kerjasama regional kawasan Asia Tenggara, Jelaskan latar belakang
berdirinya organisasi ASEAN dan jelaskan pula menurut pengamatan anda
langkah-langkah konkrit ASEAN dalam membangun kerjasama regional!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar