Kamis, 07 Februari 2013

Teknik Penyusunan Proposal Penelitian


Teknik penyusunan rencana penelitian

Rencana Penelitian/proposal penelitian merupakan setengah jaminan bahwa pelaksanaan maupun hasil penelitian akan bejalan dan bermutu.
Proposal penelitian tidak harus seragam tergantung jenis penelitian  dan lembaga yang menerima proposal itu.
 Proposal penelitian pada umumnya terdiri dari :
 1. Latar belakang masalah
       Latar belakang biasanya diidentikkan tentang suatu masalah yang akan diteliti. Masalah sejarah adalah suatu peristiwa masa lampau yang dipertanyakan dan sangat penting untuk dipecahkan atau sesuatu yang mengandung beberapa kemungkinan pemecahan dan jawabannya berdasarkan fakta-fakta masa lampau.
Intinya jawaban atas pertanyaan “mengapa masalah itu diteliti “

2. Pembatasan dan perumusan masalah
       Pembatasan dimaksudkan agar peneliti tidak terjerumus ke dalam sekian banyaknya data yang ingin diteliti, sehingga batasan masalah/tema, tempat dan waktu perlu dijelaskan. Contoh “ Perjuangan Umat Islam” perlu dibatasi cakupannya.
Perumus   masalah diuraikan lebih jelas tentang masalah yang telah ditetapkan di dalam latar belakang. Masalah diidentifikasikan dengan rumusan masalah yang secara eksplisit dalam urutan sesuai intensitas terhadap topic penelitian.



3. Tujuan dan Manfaat penelitian
     Tujuan hendaknya sesuai dengan urutan masalah yang telah dirumuskan.
Kegunaan : Bagi pengembangan ilmu dan kegunaan praktis.

4. Tinjauan Pustaka 
       Berisi tentang hasil-hasil penelitian terdahulu dan yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Hasil penelitin di-review. Dalam review dikemukakan apa kekurangan peneliti terdahulu dan apa yang masih perlu diteliti. Semua sumber harus dicantumkan nama penulis dan tahun terbit.

5. Landasan Teori
        Landasan teori dijabarkan dari tinjauan pustaka dan disusun sendiri oleh peneliti/mahasiswa. Kerangka teoritis berfungsi sebagai tuntunan untuk menjawab, memecahkan atau menerangkan masalah. Dalam penelitian Sejarah, teori yang digunakan disusun sesuai dengan pendekatan apa dan bidang sejarah mana yang diteliti.

6. Metode Penelitian
       Sedikitnya Ada lima macam penelitian : Historis, deskriptif, korelasional, eksperimental dan kuasi eksperimental.
Mendeskripsikan dan menganalisis peristiwa masa lampau maka metodenya adalah Historis.
Langkah-langkah penelitian harus “langkah operasional” bukan hanya definisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar